Telah kita ketahui bahwa usha pendidikan Islam sama tujuannya dengan
Islam itu sendiri, dan pendidikan Islam tidak terlepas dari sejarah
Islam pada umumnya. Karena itulah, periodesasi sejarah pendidikan Islam
berada dalam periode-periode sejarah Islam itu sendiri.
Pendidikan
Islam tersebut pada dasarnya dilaksanakan dalam upaya menyahuti kehendak
umat Islam pada masa itu dan pada masa yang akan datang yang dianggap
sebagai kebutuhan hidup (need of life). Usaha yang dimiliki, apabila
kita teliti atau perhatikan lebih mendalam, merupakan upaya untuk
melaksanakan isi kandungan Al-Qur'an terutama yang tertuang pada surat
Al-Alaq: 1-5. Sebagimana hanya Islam yang mula-mula diterima Nabi
Muhammad SAW. Melalui Malaikat jibril di gua Hira. Ini merupakan salah
satu contoh dari opersionalisasi penyampaian dari pendidikan tersebut.
Prof.
Dr. Harudn Nasution, secara garis besar membagi sejarah Islam ke dalam
tiga periode, yaitu perode klasik, pertengahan, dan modern.
Selanjutnya, pembahasan tentang lintasan atau periode sejarah pendidikan Islam mengikuti penahapan perkembangan sebagai berikut:
1.
Periode pembinaan pendidikan Islam, berlangsung pada masa nab Muhammad
SAW. Selama lebih kurang dari 23 tahun, yaitu sejak beliau menerima
wahyu pertama sebagai tanda kerasulannya sampai wafat.
2. Periode
pertubuhan pendidikan, berlangsung sejak wafatnya Nabi Muhammad SAW.
Sampai dengan akhir kekuasaan Bani Umaiyah, yang diwarnai oleh
penyebaran Islam ke dalam lingkungan budaya bangsa di luar bangsa Arab
dan perkembangannya ilmu-ilmu naqli
3. Periode kejayaan pendidikan
Islam, berlangsung sejak permulaan Daulah bani Abbasiyah sampai dengan
jatuhnya kota Bagdad yang diwarnai oleh perkembangan secara pesat ilmu
pengetahuan dan kebudayaan Islam serta mencapai puncak kejayaannya.
4.
Tahap kemuduran pendidikan berlangsung sejak jatuhnya kota Bagdad
sampai dengan jatuhnya Mesir oleh Napoleon sekirat abad ke-18 M. yang
ditandai oleh lemahnya kebudayaan Islam berpindahnya pusat-pusat
pengembangan kebudayaan dan peradaban manusia ke dunia Barat.
5.
Tahap pembaharuan pendidikan Islam, berlangsungnya sejak pendudukan
Mesir Oleh Napoleon pada akhir abad ke-18 M. sampai sekarang, yang di
tandai oleh masuknya unsur-unsur budaya dan pendidikan modern dari dunia
Barat ke dunia Islam.
Sementara itu, kegiatan pendidikan Islam di
Indonesia lahir dan tumbuh serta berkembang bersamaan dengan masuk dan
berkembangnya islam di Indonesia. Sesungguhnya kegiatan pendidikan Islam
tersebut merupakan pengalaman dan pengetahuan yang penting bagi
kelangsungan perkembangan Islam dan umat Islam, baik secara kuantitas
maupun kualitas.
Pendidikan Islam itu bahkan menjadi tolak ukur,
bagaimana Islam dan umatnya telah memainkan perananya dalam berbagai
aspek sosial, politik, budaya. Oleh karena itu, untuk melacak sejarah
pendidikan Islam di Indonesia dengan periodisasinya, baik dalam
pemikiran, isi, maupun pertumbuhan oraganisasi dan kelembagaannya tidak
mungkin dilepaskan dari fase-fase yang dilaluinya.
Fase-fase tersebut secara periodisasi dapat dibagi menjadi;
1. Periode masuknya Islam ke Indonesia
2. Periode pengembangan dengan melalui proses adaptasi
3. Periode kekuasaan kerajaan-kerajaan Islam (proses politik)
4. Periode penjajahan Belanda (1619 – 1942)
5. Periode penjajahan Jepang (1942 – 1945)
6. Periode kemerdekaan I Orde lama (1945 – 1965)
7. Periode kemerdekaan II Orde Baru/Pembangunan (1966- sekarang)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar